Selamat Datang di Website Resmi Desa Belo

 

Visi dan Misi

Administrator 10 September 2018 01:48:28

Visi Dan Misi Desa Belo

  • Visi Desa Belo

 

Visi   : Terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang lebih baik menuju desa pelopor  dan percontohan di Kabupaten Sumbawa Barat, dalam ridho Allah SWT.

 

  • Misi Desa Belo

 

  1. Menanfaatkan potensi SDA dan kondisi geografis sesuai dengan daya dukung masyarakat dan lingkungan sehingga tercipta pembangunan desa yang berkelanjutan
  2. Mengelola program keuangan dan bantuan desa secara efisien dan efektif agar tercipta keseimbangan antar pertumbuhan dan pemerataan pembangunan
  3. Membangun dan meningkatkan SDM yang memiliki keunggulan komparatif dan berperan secara partisipatif yang dilandasi oleh nilai-nilai keagamaan, hukum dan sosial budaya.
  4. Memfasilitasi dan mengkoordinasikan penyediaan fasilitas pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Menata kelembagaan dan struktur pemerintahan desa agar menjadi profesional, baik, transparan, demokratis dan bertanggung jawab.

 

 

Persatuan dan kesatuan dalam membangun diri masyarakat merupakan dasar untuk mencapai sesuatu dalam segala bidang dan tanpa semua itu maka pembangunan tidak akan berjalan dengan baik dan lancar, baik itu dalam pendidikan, pertanian, perindustrian, keagamaan, Infrastruktur, dan sebagainya. Maka semuanya itu perlu dikedepankan.

 

 

 

  • Strategi Dan Arah Kebijakan Desa

 

Adapun strategi dan arah kebijakan Desa Belo untuk mewujudkan sasaran pembangunan, secara Umum meliputi sebagai berikut :

  1. Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia agar dapat membangun ekonomi dan Sosial Budaya Desa, maka sasaran yang akan dicapai adalah :
  1. Adanya peningkatan kwalitas dan kwantitas Pendidikan formal dan Non formal.
  2. Adanya pengembangan potensi Pertanian, perikanan, dan ketrampilan lainnya yang dibutuhkan masyarakat.
  3. Adanya peningkatan dan pengembangan diri serta pembinaan generasi muda dalam bidang organisasi, olahraga, seni budaya.
  4. Adanya peningkatan pemberdayaan Perempuan ( Koperasi wanita Petani dan Bakulan ).

 

  1. Dalam rangka menyediakan sarana dan prasarana pendukung kesehatan dan pemukiman Penduduk dan kesejahteraan, maka sarana yang hendak dicapai :
  1. Adanya peningkatan kapasitas sarana daan prasarana kesehatan masyarakat termasuk kebersihan lingkungan tempat tinggal, tempat pembuangan akhir sampah daan MCK serta Posyandu.
  2. Adanya peningkatan kapasitas sarana dan prasarana pemukiman termasuk relokasi dan Rehab rumah bagi masyarakat miskin.
  3. Adanya peningkatan kapasitas sarana daan prasarana petani sawah dan Tambak yakni pembarian bantuan bibit dan pembuatan saluran irigasi persawahan.

 

  1. Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan potensi dari sumber daya alam, agar terciptanya pembangunan yang teratur dan berkelanjutan, maka sarana yang hendak dicapai adalah :
  1. Adanya penyusunan dan perencanaan rencana tata ruang Desa.
  2. Adanya penyusunan rencana pembanguna jalan lingkar Desa.
  3. Adanya penyusunan rencana pembangunan jalan usaha tani/ dan jalan tambak.

 

  1. Dalam rangka menata system Pemerintahan Desa yang bersih, profesional, transparan, partisipatif, dan bertanggung jawab, sarana yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :
  1. Adanya peningkatan kemampuaan Aparatur Desa dalam membarikan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Adanya peningkatan kesejahteraan aparatur Desa termasuk ketua RT, dan guru ngaji tradisional serta hukum masjid desa dan dusun.
  3. Adanya peningkatan penataan system pelayanan masyarakat yang menjamin terpenuhinyahak masyarakat melalui produk hukum Desa, ( Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa, dan Keputusan Kepala Desa)
  4. Adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam monitoring dan evaluasi pembanguna desa.

 

  1. Dalam rangka membangun komunikasi dan kerjasama dengan badan permusyawaratan desa ( BPD ) dan lembaga kemasyarakatan lainnya yang ada di desa, maka sarana yang akan dicapai adalah :
  1. Adanya konsultasi pemerintah desa dalam setiap pengambilan keputusan stategis di tingkat desa dengan BPD dan melibatkan masyarakat.
  2. Adanya pertanggung jawaban roda pemerintahan dan pembangunan desa oleh pemerintah desa melalui BPD kepada masyarakat pada setiap akhir tahun anggaran.
  3. Adanya komunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak dalam penyelenggaraan pembanguna desa.

2. Pembangunan Jangka Pendek  

    - Mengembangkan dan Menjaga serta melestarikan ada istiadat desa terutama yang telah mengakar di desa senggigi. 

    - Meningkatkan pelayanan dalam bidang pemerintahan kepada warga masyarakat 

    - Meningkatkan sarana dan prasarana ekonomi warga desa dengan perbaikan prasarana dan sarana ekonomi.

    - Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan guna peningkatan sumber daya manusia Desa. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung